Selamat Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda diperingati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya, tahun 2022 adalah peringatan yang ke-94 sejak tahun 1928. Adapun bunyinya ialah sebagai berikut:

Pertama:
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua:
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Teks Sumpah Pemuda

Pada hari Jumat, 28 Oktober 2022, Keluarga besar SDK Santo Don Bosco juga ikut memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda Indonesia dengan melaksanakan Upacara Bendera di lapangan sekolah, kemudian dilanjutkan dengan Pawai Pakaian Adat/Batik Indonesia yang digunakan oleh sebagian besar peserta didik SDK Santo Don Bosco, pawai dilakukan oleh seluruh warga sekolah di luar lingkungan sekolah.

Upacara Bendera
Guru-guru SDK Santo Don Bosco

Adapun rute pawai tersebut ialah, keluar dari lingkungan sekolah menuju Jalan Bhayangkara ke arah Jalan Kinibalu lurus menuju Bundaran Besar dan berbelok ke Jalan Tjilik Riwut, kemudian kembali masuk menuju jalur awal yaitu Jalan Bhayangkara untuk kemudian sampai ke garis finish yaitu lingkungan sekolah. Peserta didik sangat bersemangat saat memulai dan mengakhiri perjalanan pawai mereka, berlenggak-lenggok memamerkan pakaian adat/batik yang mereka kenakan dengan percaya diri. Harapan kami, semoga semangat itu tetap menyala dan tak lekang oleh waktu, sehingga nantinya peserta didik inilah yang akan menjadi penerus generasi bangsa, menjadi pemuda pemudi yang pantang menyerah dengan semangat api yang berkobar “Bersatu dan Bangkit”.

Penulis: Lisa K.