Bendera Tetap Dikibarkan Meskipun Diguyur Hujan

Oleh: Lisa Kristin

Merdeka!!!

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945, masa sekarang ini kemerdekaan Indonesia sudah menginjak usia ke-77 tahun. Merdeka artinya bebas dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya. Kemerdekaan bukan hanya dimaknai dengan lepasnya bangsa Indonesia dari penjajahan bangsa asing. Tetapi, lebih dari itu, kemerdekaan bangsa berarti kemerdekaan pula bagi seluruh rakyatnya, yakni terbebas dari segala bentuk eksploitasi, kebodohan, dan ketidakadilan. Jadi setiap manusia berhak merdeka, begitu pun juga siswa berhak merdeka.

Pada hari Senin – Rabu, 15 – 17 Agustus 2022, seluruh warga SDK Santo Don Bosco baik siswa, guru dan karyawan juga ikut merayakan HUT ke-77 kemerdekaan Bangsa Indonesia. Panitia HUT yang sudah dibentuk menggelar berbagai lomba dan Upacara Bendera di tanggal 17. Adapun beberapa lomba yang diselenggarakan yaitu lomba mewarnai dan menulis indah (untuk siswa kelas 1 dan 2), lomba membuat kolase/mozaik dan menghapal proklamasi (untuk siswa kelas 3 dan 4), lomba membuat mading dan membaca UUD 1945 (untuk siswa kelas 5 dan 6), seluruh peserta didik senang dan semangat mengikuti lomba tersebut.

Hari puncak perayaan, yaitu tanggal 17 kota Palangka Raya diguyur hujan deras, tetapi keadaan tersebut tidak menyusutkan semangat peserta didik untuk tetap mengikuti upacara bendera. Walaupun keadaan cuaca saat itu sedang tidak bersahabat, seluruh warga SDK Santo Don Bosco tetap melaksanakan Upacara Bendera. Peserta upacara (kelas 1-6, dewan guru dan karyawan) berbaris di selasar depan kelas yang menghadap ke arah lapangan, tempat akan dikibarkannya Sang Bendera Merah Putih. Di tengah hujan yang mulai gerimis, para petugas upacara tetap antusias* untuk melaksanakan tugasnya yaitu mengibarkan bendera merah putih, walaupun dalam keadaan lapangan yang basah tergenang air, upacara tersebut berlangsung dengan khusyuk*.

Antusias para petugas dan semangat dari seluruh peserta upacara membuat hati setiap orang yang melihatnya akan terenyuh dan terharu, rasa pantang menyerah menjadi bukti bahwa pengorbanan para pahlawan yang telah gugur tidak terkubur begitu saja, akan selalu ada dan akan selalu dihormati. Merdeka!!!

*Bergairah, bersemangat.

*Penuh penyerahan dan kebulatan hati; sungguh-sungguh; penuh kerendahan hati.